Optimalisasi Media Papan Diagram (PADI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Cinta Kasih Kota Sorong
Keywords:
Media pembelajaran, Padi (Papan Diagram), Hasil Belajar MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa baik hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran "PADI" (Papan Diagram) dan bagaimana penggunaan media pembelajaran "PADI" (Papan Diagram) mempengaruhi hasil belajar siswa saat mempelajari materi pecahan. Jenis penelitian ini dikenal sebagai pre-eksperimen. Dengan menggunakan desain eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design untuk memperoleh hasil data yang objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis memperoleh T_hitungan sebesar 9,988 dengan dk n-1 (22-1 = 21) diperoleh T_tabel sebesar 1,721. Berdasarkan hasil tingkat signifikansi 0,005, yaitu (.000 <0,05) dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat pengaruh media pembelajaran PADI (Diagram Board) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Cinta Kasih Kota Sorong. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa H_a diterima dan H_1 ditolak, sehingga penggunaan media pembelajaran PADI (Diagram Board) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Cinta Kasih Kota Sorong.


