PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 6 SD INPRES 6 KABUPATEN SORONG

Authors

  • Menes Yomima Waloin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Isnaini Eddy Saputro Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Adi Iwan Hermawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Media Youtube, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media youtube terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 6 SD Inpres 6 kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Pre-Exsperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 Sekolah dasar Inpres 6 kabupaten Sorong dan sampel kelas 6 berjumlah 10 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP bahasa Indonesia yang terdiri dari dua tema. Variabel pada penelitian ini yang digunakan adalah media youtube. Berdasarkan data yang diperoleh dari pengujian menggunakan microsoft excel di peroleh hasil bahwa nilai siswa dari pre test mengalami peningkatan yang signifikan pada post test setelah penggunaan media youtube dalam ppembelajaran bahasa Indonesia. Dari data tersebut terlihat nilai t pada pos-test lebih besar dari t pre-test sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap Penggunaan Media Youtube Terhadap Pembelajaran bahasa Indonesia Siswa Kleas 6 SD Inpres 6 Kabupaten Sorong.

Published

2025-02-20

How to Cite

Yomima Waloin, M., Saputro, I. E., & Hermawan, A. I. (2025). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 6 SD INPRES 6 KABUPATEN SORONG. (PRIMADONA) Primary Education Journal, 1(02), 14–25. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/primadona/article/view/205