Implementasi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Siswa Kelas V SD YPK 2 Kampung Baru
Keywords:
Mind Mapping, Kreativitas Belajar, IPA SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD YPK 2 Kampung Baru. Penelitian ini merupakan eksperimen kuantitatif dengan desain Post-test Only Control Design. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa (10 laki-laki dan 10 perempuan). Variabel bebas adalah model pembelajaran mind mapping, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas belajar. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru, dan tes performance. Validitas instrumen diuji melalui Expert Judgement dosen UNIMUDA Sorong. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai 0,077 (kelas eksperimen) dan -0,871 (kelas kontrol). Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menghasilkan nilai signifikansi 0,200 (> 0,05) yang menunjukkan data berdistribusi normal. Uji homogenitas juga menunjukkan data bersifat homogen (signifikansi 0,386 > 0,05). Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran Mind Mapping efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar IPA siswa kelas V di SD YPK 2 Kampung Baru.


