POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD YPPK SANTO PAULUS KABUPATEN SORONG

Authors

  • Rikani Kakisina Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anis Alfian Fitriani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Supriyati Fatma Rabia Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pola Asuh, Orang tua, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Santo Paulus Kabupaten Sorong. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan: pola asuh yang di terapkan orang tua siswa kelas III yaitu dapat diketahui cenderung pada pola asuh demokratis. Orang tua mengarahkan anak yang baik boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Selain itu orang tua tidak pernah memaksakan anak untuk belajar setiap hari tetapi pada waktu-waktu tertentu. Orang tua melarang anak ketika belajar dan orang tua hentikan mereka saat menonton, bermain HP ketika belajar. Dalam menghadapi masalah atau kesulitan belajar orang dapat memberikan dan menjelaskan tentang materi yang tidak mereka mengerti. Selain itu juga memberikan dukungan, motivasi supaya anak tetap semangat belajar. Adapun dari hasil angket Pola asuh demokratis yang mana pada orang tua LA dan AA yaitu 93,75℅, orang tua AA dan YM yaitu 93,75% 81,25%, orang tua JF dan AS yaitu 87,5 % dan 75%.

Published

2025-02-20

How to Cite

Rikani Kakisina, Fitriani, A. A., & Rabia, S. F. (2025). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD YPPK SANTO PAULUS KABUPATEN SORONG. (PRIMADONA) Primary Education Journal, 1(02). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/primadona/article/view/334