Implementasi Metode Pakistani Dalam Meningkatkan Hafalan Santri SMA Cahaya Islam Papua

Authors

  • Jumadi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Wahyudin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.249

Keywords:

Pakistani, al-Qur’an, Sabaq, Sabqi, Manzil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan metode Pakistani dalam menghafal al-Qur’an di SMA Cahaya Islam Papua dan mengetahui efektivitas penerapan metode Pakistani dalam meningkatkan hafalan santri SMA Cahaya Islam Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode Pakistani di SMA Cahaya Islam Papua, khususnya dalam program Tahfidz al-Qur'an, Penerapan metode Pakistani di SMA Cahaya Islam Kota Sorong menunjukkan dampak positif dan efektif terhadap perkembangan hafalan siswa dalam program Tahfidz al-Qur'an. Metode ini terdiri dari tiga tahapan utama: sabaq, sabqi, dan manzil. Pada tahap sabaq, siswa rutin menyetorkan hafalan baru setelah sholat subuh atau magrib kepada ustadz pengampu halaqoh. Tahap sabqi melibatkan siswa dalam menyetorkan hafalan sebelumnya, sementara manzil berfokus pada pengulangan hafalan yang telah mencapai satu juz atau lebih. Hasil penerapan metode ini menunjukkan bahwa santri mampu menyetorkan 2-3 lembar hafalan per hari, mencapai 3-4 juz per bulan. Target hafalan 16 juz berhasil dicapai, efektif dan memberikan dampak positif pada perkembangan hafalan Al-Qur'an di kalangan santri.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Jumadi, & Wahyudin. (2025). Implementasi Metode Pakistani Dalam Meningkatkan Hafalan Santri SMA Cahaya Islam Papua . Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 463–475. https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.249

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.