Implementasi Program Tahfizul Qur’an Di MTs. Muhammadiyah 2 Aimas Pada Program Muhammadiyah Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.526Keywords:
Problems, Memorizing the Qur'an, Muhammadiyah Boarding School (MBS).Abstract
Problematika yang dihadapi santriwati dalam menghafal Alquran di MTs Muhammadiyah 2 Aimas pada Program Boarding School (MBS) yaitu kesulitan dalam memenuhi target hafalan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika dan solusi yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu Santriwati menghadapi kendala internal seperti belum lancar dalam membaca dan rendahnya pemahaman tajwid. Tantangan lain yaitu terdapat santriwati yang belum fokus, serta jenuh akibat ruang belajar yang terbatas. beberapa solusi telah diidentifikasi. Pertama, diadakan pembelajaran tahsin. Kedua, kelas tambahan di luar jadwal reguler serta pengintegrasian metode talaqqi secara lebih. Ketiga, pembuatan tempat belajar yang variatif, seperti area terbuka atau gazebo. Keempat, melakukan refreshing secara rutin dan mengatur waktu istirahat. Kelima, pemberian motivasi terkait manfaat dan pahala dari menghafal Alquran diharapkan dapat meningkatkan semangat dan konsistensi. Terakhir, penggabungan metode talaqqi dan takrir dirancang untuk memberikan bimbingan langsung sekaligus kesempatan berlatih mandiri dan meningkatkan efektivitas hafalan.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.