Implementasi Pendidikan Fiqih Salat Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Bagi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.282Keywords:
Education, Fiqh of Prayer, Awareness of WorshipAbstract
Pendidikan adalah proses yang membimbing individu dari kegelapan menuju pencerahan pengetahuan, berfokus pada perkembangan jasmani dan rohani untuk membentuk kepribadian yang utama. Di MTs Muhammadiyah 2 Aimas, setiap siswa diwajibkan untuk melaksanakan salat duha dan salat dzuhur secara berjamaah di aula sekolah. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk membiasakan siswa melaksanakan salat wajib dan sunnah, baik di sekolah maupun di lingkungan lainnya. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VII, yang berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda, termasuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Siswa dari MI sudah terbiasa dengan praktik salat, sementara siswa dari SD mungkin belum memiliki kebiasaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami penerapan pendidikan fiqih salat dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mulai menyadari pentingnya salat dan melaksanakannya secara rutin, didukung oleh komitmen sekolah dan contoh dari guru. Namun, ada siswa yang masih kurang termotivasi, dengan faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan kurangnya dukungan dari orang tua. Meskipun pembelajaran fiqih salat di MTs Muhammadiyah 2 Aimas cukup efektif, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memotivasi siswa yang belum konsisten dan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana sekolah dapat meningkatkan kesadaran beribadah siswa melalui pendidikan fiqih yang terstruktur.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.