Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Di SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.285Keywords:
Effectiveness of the Expository Method, Increasing ReadingStudent's Qur’an.Abstract
Merasa kesulitan ketika membaca al-Qur’an pada peserta didik adalah hal yang sudah sering terjadi. Banyak ayat-ayat panjang yang ada di dalam al-Qur’an yang membuat peserta didik tambah sulit untuk membacanya. Metode ekspositori dengan pembelajaran yang memfokuskan dalam penyampaian verbal. Menjadi sarana yang dapat memudahkan dalam memahami ilmu tajwid yang dapat meningkatkan bacaan al-Qur’an peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode ekspositori dalam meningkatkan bacaan al- Qur’an pada peserta didik kelas 7 SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pre-test dan post-test. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan teknikanalisis data uji kuisioner pre-test dan post-test menggunakan analisis data desriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terkait bacaan al-Qur’an siswadengan nilai rata-rata 85 > 47,5 (saat sesudah dan sebelum adanya treatment).
Kata kunci : Efektivitas Metode Ekspositori, Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.