Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Di SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong

Authors

  • arif aji Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Aida Khoiru Romadhona Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ambo Tang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.285

Keywords:

Effectiveness of the Expository Method, Increasing ReadingStudent's Qur’an.

Abstract

Merasa kesulitan ketika membaca al-Qur’an pada peserta didik adalah hal yang sudah sering terjadi. Banyak ayat-ayat panjang yang ada di dalam al-Qur’an yang membuat peserta didik tambah sulit untuk membacanya. Metode ekspositori dengan pembelajaran yang memfokuskan dalam penyampaian verbal. Menjadi sarana yang dapat memudahkan dalam memahami ilmu tajwid yang dapat meningkatkan bacaan al-Qur’an peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode ekspositori dalam meningkatkan bacaan al- Qur’an pada peserta didik kelas 7 SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pre-test dan post-test. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan teknikanalisis data uji kuisioner pre-test dan post-test menggunakan analisis data desriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terkait bacaan al-Qur’an siswadengan nilai rata-rata 85 > 47,5 (saat sesudah dan sebelum adanya treatment).

Kata kunci : Efektivitas Metode Ekspositori, Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

aji, arif, Khoiru Romadhona, A., & Tang, A. (2025). Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Di SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 434–443. https://doi.org/10.36232/jurnalpaida.v4i1.285

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.