Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3779Abstract
Penelitian ini berfokus kepada Manajemen Pendidikan Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam, faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan Islam serta faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Kota Sorong, Papua Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa data aktual berupa narasi dan tindakan baik secara lisan maupun secara tertulis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolaan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen Pendidikan Islam di sekolah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua yaitu dengan menggukan empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana, faktor penghambat yaitu adanya keberagaman latar belakang dan pergaulan peserta didik.
Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Islam, Karakter.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifki Kasmarang, Ambo Tang, Arif Pramana Aji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.