Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Kota Sorong

Authors

  • Rifki Kasmarang Universitas Pendidikan Unimuda Sorong
  • Ambo Tang Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Arif Pramana Aji Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3779

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada Manajemen Pendidikan Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pendidikan Islam, faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan Islam serta faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Kota Sorong, Papua Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa data aktual berupa narasi dan tindakan baik secara lisan maupun secara tertulis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolaan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen Pendidikan Islam di sekolah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua yaitu dengan menggukan empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana, faktor penghambat yaitu adanya keberagaman latar belakang dan pergaulan peserta didik.

Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Islam, Karakter.

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Kasmarang, R., Tang, A., & Aji, A. P. (2025). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SD Tahfidzul Qur’an Cahaya Islam Papua Kota Sorong. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 490–500. https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3779