Upaya Pengasuh Panti Asuhan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Aimas
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3522Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengasuh panti asuhan berusaha untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Aimas, dan juga untuk menemukan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dan data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi partisipatif dari pengasuh, pengurus, dan anak asuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh secara teratur menggunakan strategi pembinaan seperti shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, mengajar akhlak melalui keteladanan, memberikan bimbingan keagamaan baik secara individual maupun kolektif, dan mengelola kegiatan keagamaan yang terorganisir.Lingkungan religius yang baik, sarana ibadah yang cukup, partisipasi aktif Muhammadiyah, dan komitmen pengasuh adalah komponen penting dalam proses ini. Sementara itu, beberapa tantangan yang dihadapi termasuk latar belakang anak asuh yang beragam, kekurangan sumber daya manusia, dan kurangnya keinginan sebagian anak untuk berpartisipasi dalam pembinaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran pengasuh sangat penting dalam membentuk karakter religius anak melalui pendekatan kekeluargaan dan pembinaan yang berkelanjutan. Selain itu, pengasuh memberikan kontribusi penting bagi lembaga sosial dan pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia dan kompetitif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aeni Ainy, Jumadi Jumadi, Muhammad Muzaki Muhammad Muzaki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.