Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas XI Di MA Muhammadiyah Aimas
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3554Abstract
Pembelajaran akidah akhlak sebagai suatu proses pengembangan potensi kreatifitas siswa, bertujuan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah subhanahu wata’ala, cerdas terampil, memiliki etos kerja yang tinggi berbudi pekerti luhur, mandiri dan bertanggung jawabterhadap dirinya, bangsa dan negara serta agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Aimas serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru akidah akhlak, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak diimplementasikan melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan guru, serta penerapan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan hafalan. Pembentukan karakter religius tampak dalam perilaku siswa terhadap Allah, sesama manusia, dan lingkungan. Faktor pendukung berasal dari lingkungan sekolah yang kondusif dan keteladanan guru, sementara faktor penghambat meliputi kurangnya perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan luar. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak berperan signifikan dalam membentuk karakter religius siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru dan pihak sekolah terus meningkatkan strategi pembelajaran dan keterlibatan orang tua dalam mendukung perkembangan karakter siswa.
Kata Kunci : Akidah Akhlak, Karakter Religius, Pembelajaran, Implementasi

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rauda HombaHomba Hasyim, Abdul Gani, Jumadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.