EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 MOSWAREN

Authors

  • Anjaly Marlin Way Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Heny Sri Astutik
  • Surya Putra Raharja

Keywords:

Hasil Belajar, Siswa Kelas VII A

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VII A. Model STAD merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekan kerja sama dalam kelompok kecil, di mana setiap anggota bertanggung jawab terhadap pemahaman materi dan mencapai hasil belajar yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMP Negeri 1 Moswaren, dengan sampel yang diambil secara purposive . Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan penerepan metode pembelajaran tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > t tabel yaitu 2,664 > 1,753 dengan demikian H 0 ditolak dan H 1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model STAD efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. Temuan ini mendukung penerapan model STAD sebagai alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman materi siswa.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Way, A. M., Astutik, H. S., & Raharja, S. P. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 MOSWAREN. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 6(1). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnaltheorema/article/view/3768

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>