PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Authors

  • Ritaliana Nona Riny
  • Heny Sri Astutik
  • Supriyati Fatma Rabia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan Pre-Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  model Problem Based Learning (PBL) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pretest dan posttest dan lembar observasi kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data terdiri dari tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbach’s Alpha instrumen pretes diperoleh 0,664 dan hasil instrumen posttest diperoleh 0,709 yang berarti reliabilitas baik. Uji normalitas hasil belajar pretest siswa kelas IV memiliki signifikan 0,062 > 0,05 sedangkan posttest  memiliki signifikan 0,114 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh  sebesar 16.141 dengan dk = n – 1 (14-1 = 13) diperoleh  1.771 hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dimana 0,000 < 0,05 maka nilai sig lebih kecil dari 0,05. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa  diterima   ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 21 Kabupaten Sorong.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Riny, R. N., Astutik, H. S., & Rabia, S. F. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 5(2). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnaltheorema/article/view/1144

Most read articles by the same author(s)