Implementasi Program Boarding School Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs. Muhammadiyah 2 Aimas
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i2.3523Keywords:
Boarding School, Karakter Islami, Islamic CharacterAbstract
Implementasi program boarding school di MTs Muhammadiyah 2 Aimas telah berjalan dengan baik dan efektif dalam membentuk karakter islami siswa. Program ini mencakup berbagai kegiatan sosial yang berorientasi pada nilai-nilai Islam. Selain itu, lingkungan yang kondusif dan dukungan dari orang tua serta masyarakat juga berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan program ini. Namun, peneliti juga menemukan beberapa tantangan yang dihadapi, seperti perbedaan latar belakang siswa, keterbatasan sarana dan prasarana, serta kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan. Meskipun demikian, upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi tantangan tersebut menunjukan komitmen yang tinggi dalam pembentukan karakter Islami siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program boarding school di MTs Muhammadiyah 2 Aimas memiliki peran penting dalam membentuk kerakter Islami siswa, meskipun masih terdapat bebrapa hambatan yang perlu diatasi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan evaluasi lebih mendalam terhadap program-program yang ada serta melibatkan lebih banyak pihak dalam proses pembinaan karakter siswa
The results indicate that the boarding school program at MTs Muhammadiyah 2 Aimas has been implemented effectively in fostering students' Islamic character. The program incorporates various religious activities rooted in Islamic values. Additionally, a supportive environment, along with parental and community involvement, significantly contributes to the program's success. However, the study also identifies several challenges, such as students' diverse backgrounds, limited facilities, and lack of parental engagement in the educational process. Despite these obstacles, the school demonstrates a strong commitment to addressing these issues to strengthen students' Islamic character. In conclusion, the boarding school program plays a vital role in shaping the Islamic character of students, though some challenges remain. For future research, it is recommended to conduct a more in-depth evaluation of existing programs and involve more stakeholders in student character development.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufik Antolongo, Arif Pramana Aji, Jumadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.