STUDI KORELASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ISHLAH SORONG
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.3712Keywords:
Gerakan, literasi, minat bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dan Hambatan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Sorong. Desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian siswa kelas 4, 5 dan 6 berjumlah 143 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dengan deskripsi data, persentase, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyag Al Ishlah Sorong, dengan rxy = 0,550, r2xy = 0,302, nilai thitung (7,332)> ttabel (1,657); artinya pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa signifikan. (2) Hambatan terjadi pada membaca nyaring, membaca dalam hati, kegiatan pojok baca kelas dan penghargaan sebagai peminjam buku teraktif, dari 143 sampel 36,06% jawabaan positif dan 63,94% jawaban negatif