EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD ADVENT VICTORY SORONG.
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.353Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Advent Victory Sorong. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Sampel penelitian
terdiri dari 17 siswa yang dipilih secara acak, yang terbentuk satu kelompok dan diberikan perlakuan
dengan media gambar dan kelompok kontrol yang menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang
digunakan untuk mengukur kemampuan membaca permulaan adalah tes membaca yang terdiri dari
beberapa item soal yang menguji pengenalan huruf, pengucapan kata, dan pemahaman teks sederhana.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara skor
pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan membaca siswa yang menggunakan media gambar dan yang tidak menggunakannya.
Kelompok eksperimen yang menggunakan media gambar menunjukkan peningkatan yang lebih baik
dalam kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan
media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD
Advent Victory Sorong