ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MANAJEMEN KELAS PADA PERILAKU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KABUPATEN SORONG
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mendukung bagi siswa. Dalam konteks interaksi antara guru dan siswa di tingkat SMP, latar belakang pengelolaan kelas mencakup berbagai faktor yang mempengaruhi bagaimana interaksi ini berlangsung dan bagaimana dampaknya terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pengelolaan kelas dan hubungan kompetensi pedagogik guru terhadap manajemen kelas pada perilaku siswa di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah tempat dimana penelitian akan dilakukan, beserta jalan dan kotanya. Lokasi penelitian tersebut diharapkan mampu memberikan informasi yang peneliti butuhkan dalam penelitian yang diangkat. Lokasi yang di ambil pada penelitian ini di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya, yang memiliki fasilitas yang sudah mendukung dalam proses belajar mengajar baik dari segi sarana dan prasarananya maupun pendidik dan tenaga kependidikannya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu guru dan siswa/isiswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Kabupaten Sorong. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya maka peneliti menguraikan kesimpulan sebagai berikut: Kompetensi pedagogik dalam kategori cukup baik yakni kompetensi menguasai karakteristik peserta didik dan kompetensi pengembangan kurikulum. Kompetensi pedagogik dalam terhadap manajemen kelas pada perilaku siswa kategori cukup baik yakni kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, kompetensi kegiatan pembelajaran yang mendidik, kompetensi pengembangan potensi peserta didik, kompetensi komunikasi dengan peserta didik serta kompetensi penilaian dan evaluasi.