PEMANFAATAN POJOK LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV-B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SORONG

Authors

  • Rismawati Rismawati Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Faizin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mustika Irianti Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.343

Keywords:

pemanfaatan pojok baca, minat baca

Abstract

Pemanfaatan pojok literasi dalam meningkatkan minat baca siswa adalah
sebuah progam krusial yang perlu dijalankan oleh sekolah dalam memanfaatkan pojok
literasi guna menumbuhkan minat baca siswa. Oleh sebab itu, ketertarikan untuk
membaca dapat diperkuat lebih lanjud jika didukung dengan adanya program pojok
literasi didalam kelas, tentu ini sangat diharapkan untuk mendapatkan hasil yang baik
terutama untuk menumbuhkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ‘’pemanfaatan pojok literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas
IV-B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sorong’’. Studi ini menerapkan metode deskripsi
dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, Wali
guru kelas IV-B dan siswa kelas IV-B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah Angket, Wawancara dan Observasi. Manfaat tersebut yaitu:
1) sebagai kegiatan menumbuhkan minat baca. 2) Sebagai tempat membaca terdekat,
dan 3) sebagai tempat mengisi waktu luang, Selain itu Hasil angket menunjukan
persentase nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh adalah 83,5 termasuk dalam
kategori sangat kuat. Secara keseluruhan bahwa hasil angket minat baca dengan
memanfaatkan pojok literasi adalah sangat kuat.

Published

2025-09-04

How to Cite

Rismawati, R., Faizin, M., & Irianti, M. (2025). PEMANFAATAN POJOK LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV-B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SORONG . FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.343