PENGARUH MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MA IMAM ADIL RAJA AMPAT
Keywords:
minat baca, ketersidaan sumber belajar, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh 
minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik dan (2) apakah terdapat pengaruh 
ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan 
metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif. Teknik 
pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dan metode dokumen. Populasi dan 
sampel yang digunakan adalah seluruh siswa MA Imam Adil Raja Ampat sebanyak 42 siswa. 
Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner dan dokumen. Teknik analisis 
data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi 
linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian 
menyimpulkan bahwa (1) hasil pengujian uji “t” pada hipotesis I sebesar 9.071 ini berarti t 
hitung > t tabel (7.258 > 0.3044) dan signifikansi (0.000 < 0.005) maka dapat disimpulkan 
bahwa terdapat pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar, (2) pengujian uji “t” pada 
hipotesis II diperoleh nilai 9.071 > 0.3044 dan signifikansi (0.000 < 0.005) maka terdapat 
pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar. Implikasi dari hasil penelitian 
diatas dapat dikatakan bahwa ketersediaan sumber belajar dapat memberikan peningkatan 
yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Imam Adil Raja 
Ampat.
 
						 
							


