TINDAK TUTUR DIREKTIF INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK MUDA AIMAS
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.328Keywords:
Tindak tutur, interaksi belajar mengajarAbstract
Tindak tutur direktif merupakan aspek penting yang digunakan dalam interaksi belajar-mengajar. perlu diperhatikan penggunaan tindak tutur direktif yang dituturkan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis - jenis tindak tutur direktifdalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMK Muda Aimas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu metode simak dengan teknik rekam, teknik simak libat catat . Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik.Penentuan jenis dan fungsi tindak tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia didasarkan pada indikator jenis dan fungsi tindak tutur direkti. Hasil penelitian dari Jenis tindak Tutur dan fungsi tindak tutur direktif guru yaitu :Menyuruh,menasehati,memohon dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Muda Aimas. menunjukkan bahwa penggunaan Jenis tindak tutur direktif dan fungsi tindak tutur direktif yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan tindak tutur direktif yang lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Jenis tindak tutur perintah dan fungsi tindak tutur perintah digunakan guru bahasa Indonesia yaitu 6 tuturan. Jenis tindak tutur direktif yang ditemukan yaitu, tindak tutur direktif permintaan, pertanyaan,perintah, larangan,pemberian izin,nasihat. Fungsi tindak tutur direktif yang ditemui meliputi: memerintah, menasehati, mengajak, memohon