PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI KWESSEFO DISTRIK KWESEFO KABUPATEN TAMBRAUW
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.3191Abstract
Guru berperan penting dalam pendidikan dan berpengaruh positif terhadap perkembangan generasi muda bangsa. Salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran adalah membaca, yang menjadi sarana utama untuk mengasah rasa ingin tahu anak. Keterampilan membaca yang baik biasanya berbanding lurus dengan kemampuan anak dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan, serta berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan demikian, guru melalui pembelajaran membaca, turut membentuk karakter dan keterampilan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam upaya meningkatan keterampian dasar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Kwessefo Distrik Kwesefo, Kabupaten Tambrauw serta untuk mengetahui faktor-faktor apasajakah yang menghambat peran guru dalam upaya meningkatan keterampian dasar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Kwessefo Distrik Kwesefo, Kabupaten Tambrauw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan field reserarch. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Reduction (Reduksi Data), Display (Penyajian Data) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan keterampilan dasar membaca pada siswa kelas 1 SD Negeri Kwessefo mencakup persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan peningkatan minat siswa. Guru bertanggung jawab mempersiapkan sarana, media, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai, serta melibatkan siswa dengan membawa buku bacaan. Dalam pelaksanaan, bimbingan diberikan di sekolah dan didukung oleh keterlibatan orang tua di rumah. Evaluasi dilakukan secara berkala dengan metode beragam untuk menilai pemahaman siswa. Hambatan yang muncul meliputi rendahnya minat belajar siswa, kurangnya dukungan dari orang tua, keterbatasan fasilitas sekolah, serta minimnya pelatihan guru. Solusi yang diusulkan adalah kolaborasi antara pihak sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung literasi.