PENGARUH MODEL STORYTELLING PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH AIMAS KABUPATEN SORONG

Authors

  • Rahel Fugida Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2950

Keywords:

Pengaruh model, Storytelling, Keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunakan model storytelling pada keterampilan berbicara siswa kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan one group pre-post-test design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong tahun ajaran 2024/2025 yang berjumblah 24  siswa, dengan menggunakan  teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas intstrumen menggunakan lembar observasi yang dikonsultasikan pada professional judgment, uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Hasil uji reliabilitas pre-test pada instrumen tes diperoleh hasil cronbach’s alpha sebesar 0.778 dan post-test sebesar 0.728. Hasil statistik deskriptif dari data pre-test nilainya sebesar 60.42 dan untuk nilai post-test nya sebesar 82.92. Uji normalitas diperoleh nilai Asymp.Sig sebesar 0.118. taraf signifikan >0,05, nilai yang diperoleh 0,118>0,05 maka nilai didistribusikan normal karena signifikan. Uji prasyarat analisis  terdiri dari uji normalitas dan uji t (one samplet test). Hasil uji hipotesis nilai Thitung adalah 7.537 dengan df = n-1 (24-1= 23) berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung >Ttabel yaitu 7.537>0.05 dengan nilai nilai Sig. (2-tailed) yaitu nilai 0.000<0.05. sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari penggunakan model storytelling pada keterampilan berbicara siswa kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kpabupaten Sorong.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Fugida, R. (2025). PENGARUH MODEL STORYTELLING PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH AIMAS KABUPATEN SORONG. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2950