ANALISIS KELAYAKAN BAGIAN DAN INSTRUMEN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BAB 3 BAGI MAHASISWA PGSD UNNES
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2794Keywords:
pendidikan;guru;sekolah;dasar;Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih ditemukannya kekeliruan 
pada aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan dalam buku ajar yang 
digunakan di sekolah dasar, yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran 
dan pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 
menganalisis kelayakan bagian dan instrumen pembelajaran pada buku ajar 
Bahasa Indonesia kelas IV SD Bab 3 “Lihat Sekitar” ditinjau dari aspek isi, 
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian menggunakan metode 
deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan analisis isi terhadap buku 
ajar Bahasa Indonesia edisi revisi tahun 2023 yang diterbitkan oleh 
Kemendikbudristek. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Bab 3 
“Lihat Sekitar”, dengan fokus pada isi materi, struktur penyajian, bentuk latihan, 
dan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum 
buku ajar telah memenuhi indikator kelayakan berdasarkan Kurikulum 
Merdeka, mencakup kegiatan menyimak, membaca, menulis, dan berdiskusi 
yang kontekstual. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kekurangan 
seperti kesalahan ejaan, ketidaksesuaian tanda baca, struktur paragraf yang 
kurang konsisten, ilustrasi kurang informatif, serta petunjuk dan soal evaluasi 
yang perlu disempurnakan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar buku ajar dievaluasi kembali terutama 
pada aspek kebahasaan dan teknis instrumen pembelajaran. Rekomendasi juga ditujukan bagi mahasiswa PGSD, 
guru, dan pengembang kurikulum agar lebih kritis dalam menyeleksi dan mengembangkan buku ajar yang sesuai 
dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.
 
						 
							


