ANALISIS KELAYAKAN BAGIAN DAN INSTRUMEN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BAB 3 BAGI MAHASISWA PGSD UNNES

Authors

  • Marcelia Fransiska Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang
  • Ailsa Azalia Cahyaningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Nabila Putri Anisa Nabila Universitas Negeri Semarang
  • Nesa Rossy Pratiwi Nesa Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Ridhowati Dwi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2794

Keywords:

pendidikan;guru;sekolah;dasar;

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih ditemukannya kekeliruan
pada aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan dalam buku ajar yang
digunakan di sekolah dasar, yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran
dan pencapaian kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kelayakan bagian dan instrumen pembelajaran pada buku ajar
Bahasa Indonesia kelas IV SD Bab 3 “Lihat Sekitar” ditinjau dari aspek isi,
kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Penelitian menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dan analisis isi terhadap buku
ajar Bahasa Indonesia edisi revisi tahun 2023 yang diterbitkan oleh
Kemendikbudristek. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Bab 3
“Lihat Sekitar”, dengan fokus pada isi materi, struktur penyajian, bentuk latihan,
dan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum
buku ajar telah memenuhi indikator kelayakan berdasarkan Kurikulum
Merdeka, mencakup kegiatan menyimak, membaca, menulis, dan berdiskusi
yang kontekstual. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kekurangan
seperti kesalahan ejaan, ketidaksesuaian tanda baca, struktur paragraf yang
kurang konsisten, ilustrasi kurang informatif, serta petunjuk dan soal evaluasi
yang perlu disempurnakan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar buku ajar dievaluasi kembali terutama
pada aspek kebahasaan dan teknis instrumen pembelajaran. Rekomendasi juga ditujukan bagi mahasiswa PGSD,
guru, dan pengembang kurikulum agar lebih kritis dalam menyeleksi dan mengembangkan buku ajar yang sesuai
dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar.

Author Biographies

Ailsa Azalia Cahyaningtyas, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa

Nabila Putri Anisa Nabila, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa

Nesa Rossy Pratiwi Nesa, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa

Dwi Ridhowati Dwi, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa

Downloads

Published

2025-10-27

How to Cite

Marcelia Fransiska, Dewi Purwati, P., Ailsa Azalia Cahyaningtyas, Nabila, N. P. A., Nesa, N. R. P., & Dwi, D. R. (2025). ANALISIS KELAYAKAN BAGIAN DAN INSTRUMEN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA BAB 3 BAGI MAHASISWA PGSD UNNES . FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2794