ANALISIS BUKU SISWA KELAS 4 SD BAB ASAL-USUL BERBASIS KELAYAKAN BSNP

Authors

  • Natasya Putri Kirana Universitas Negeri Semarang
  • Imtiyaz Faila Sifa
  • Nonik Dwi Solikhati
  • Panca Dewi Purwati
  • Deshya Fatkur Sanisjakari
  • Hafidz Maulana Akbar

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2781

Abstract

Kualitas isi serta struktur kata yang tepat merupakan hal penting dalam sebuah buku untuk memenuhi pemahaman peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesalahan isi buku apakah sudah sesuai dengan Standar BSNP dan kesalahan linguistik atau kualitas Bahasa seperti kesalahan Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Wacana, dan Semantik yang terdapat dalam Bab asal-usul pada buku kelas 4 Sekolah Dasar kurikulum merdeka yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2021. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Kualitatif Deskriptif  dengan cara studi literatur dan diskusi kelompok. Secara keseluruhan isi yang terdapat dalam bab asal-usul sudah memenuhi elemen yang terdapat dalam elemen BSNP tapi beberapa juga kurang memenuhi standar BSNP. Kualitas Isi dalam bab asal-usul telah memenuhi  elemen dan indikator capaian pembelajaran yang ada, tetapi dalam Kualitas Bahasa terdapat kekurangan dalam penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah baru yang kurang tepat. Kualitas Penyajian Motivasi siswa menarik untuk memacu semangat siswa  dan pada akhir bab terdapat latihan soal yang berfungsi untuk mengulas kembali materi. Untuk Kualitas Tampilan dan Kegrafikaan sudah tepat, format huruf dalam buku telah mengikuti standar yang sesuai untuk pembelajaran siswa, dan Penggunaan ilustrasi yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap tetapi juga mendukung isi materi dengan gambaran visual yang telah dirancang dengan menarik dan mudah untuk dipahami peserta didik. Berdasarkan penelitian pada Bab Asal-Usul , beberapa aspek seperti  kelayakan kualitas isi, kelayakan kualitas penyajian dan kelayakan kualitas kegrafikaan sudah layak, meskipun ada yang perlu perbaikan dalam kelayakan bahasa. Penelitian ini merekomendasikan adanya penyederhanaan pilihan kata dan perbaikan struktur kalimat agar materi lebih mudah dipahami dan membantu kefasihan peserta didik dalam membaca.

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Kirana, N. P., Sifa, I. F., Solikhati, N. D., Purwati, P. D., Sanisjakari, D. F., & Akbar, H. M. (2025). ANALISIS BUKU SISWA KELAS 4 SD BAB ASAL-USUL BERBASIS KELAYAKAN BSNP . FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2781