ANALISIS BELAJAR BERWIRAUSAHA BUKU BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V BERDASARKAN KELAYAKAN BUKU BSNP

Authors

  • Gita Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Ashilutfiyah Majid Universitas Negeri Semarang
  • Dinda Susilowati Universitas Negeri Semarang
  • Gesit Prasojo Universitas Negeri Semarang
  • Mutia Zahra Fatikha Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2771

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menggali secara lengkap isi buku Bahasa Indonesia kelas V SD pada Bab IV berjudul “Belajar Berwirausaha”. Bab ini memuat materi kewirausahaan dalam bentuk bacaan, latihan kebahasaan, dan kegiatan literasi. Karena pentingnya peran bab ini dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa, diperlukan analisis mendalam berdasarkan standar kelayakan buku teks menurut BSNP.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan pada subbab tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami makna secara mendalam dalam konteks alaminya. Data diperoleh melalui studi dokumen menggunakan instrumen penilaian BSNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subbab “Belajar Berwirausaha” tergolong cukup layak digunakan dalam pembelajaran. Dari segi isi, materi sesuai dengan kompetensi dasar dan relevan dengan kehidupan siswa, namun penguatan nilai kewirausahaan masih diperlukan. Bahasa yang digunakan komunikatif dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, walau terdapat beberapa istilah yang sebaiknya disederhanakan.Penyajian materi cukup sistematis, tetapi belum sepenuhnya mendorong partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar. Dari aspek kegrafikaan, ilustrasi dan tampilan visual cukup menarik, namun kontras dan tata letak perlu ditingkatkan agar lebih nyaman dibaca. Simpulannya, subbab “Belajar Berwirausaha” secara umum layak digunakan dalam pembelajaran, namun revisi pada aspek isi dan penyajian masih diperlukan agar nilai-nilai kewirausahaan dapat disampaikan secara lebih kontekstual dan bermakna.

KATA KUNCI: Analisis buku;belajar berwirausaha;buku bahasa Indonesia;kelayakan BSNP.

 

Author Biographies

Ashilutfiyah Majid, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester 2 

Dinda Susilowati, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester 2

Gesit Prasojo, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Semester 2

Mutia Zahra Fatikha Junaedi, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Semester 2

Panca Dewi Purwati, Universitas Negeri Semarang

Dosen Pengampu Mata Kuliah Kajian Kebahasaan Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Semester 2

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Gita Ramadhani, Ashilutfiyah Majid, Dinda Susilowati, Gesit Prasojo, Mutia Zahra Fatikha Junaedi, & Panca Dewi Purwati. (2025). ANALISIS BELAJAR BERWIRAUSAHA BUKU BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V BERDASARKAN KELAYAKAN BUKU BSNP. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2771