Analisis Sudah Besar Buku Siswa Kelas IV SD Berbasis Kelayakan Buku BSNP Berbantuan EYD Edisi 5
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2757Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku siswa Bahasa Indonesia kelas IV bab I “Sudah Besar” berdasarkan kriteria kelayakan buku teks yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan kesesuaiannya dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Edisi V, mengatasi kebutuhan akan sumber belajar yang teruji kualitasnya dalam praktik pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui analisis dokumen dengan instrumen berupa lembar ceklis komprehensif yang mencakup aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan, serta panduan EYD Edisi V. Dalam analisis buku siswa “Sudah Besar” menunjukan bahwa secara keseluruhan berada pada kategori layak untuk digunakan sebagai sumber belajar utama. Analisis kelayakan isi mengungkapkan bahwa materi yang disajikan relevan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum, akurat secara kontekstual, dan cukup memadai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aspek kelayakan kebahasaan menunjukkan penggunaan bahasa yang umumnya sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa kelas IV SD, meskipun ditemukan sedikit ketidaksesuaian dalam penulisan tata bahasa dan ejaan sesuai EYD Edisi V yang memerlukan perbaikan. Kelayakan penyajian menyoroti konsistensi sistematika penulisan, keruntutan konsep yang baik, serta keseimbangan antara materi dan aktivitas yang mendorong interaktivitas dan kemandirian belajar siswa. Analisis kegrafikaan menunjukkan kualitas visual yang baik, meskipun ada ruang untuk optimasi tata letak pada beberapa halaman. Berdasarkan analisis yang dilakukan, buku ini layak digunakan namun rekomendasi perbaikan kualitas kebahasaan dan visual diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya di masa mendatang.