ANALISIS SEHATLAH RAGAKU BUKU SISWA KELAS IV SD BERBASIS KELAYAKAN BUKU BSNP
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i2.2708Keywords:
AnalisisAbstract
ABSTRACT: Buku siswa berperan penting dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar, sehingga menilai kelayakan isi dari buku agar sesuai dengan standar isi dan proses pembelajaran berjalan dengan optimal itu sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan isi buku, menganalisis bahasa, menganalisis penyajian, dan kegrafikaan buku bab 8 Sehatlah Ragaku buku siswa Bahasa Indonesia kelas IV berdasarkan standar kelayakan buku dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Teknik analisis data menggunakan analisis secara induktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari analisis ini, buku ajar dikategorikan layak dari segi isi, tetapi kurang tepat dari segi bahasa, pada segi penyajian tidak lengkap, dan pada segi kegrafikaan dibagian huruf dan ukuran buku sudah sesuai. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa buku Bahasa Indonesia kelas IV bab 8 Sehatlah Ragaku dinyatakan layak dengan catatan, terdapat kekurangan pada aspek isi, bahasa, penyajian, maupun kegrafikaan yang perlu diperbaiki untuk mendukung proses pembelajaran berjalan optimal.
KATA KUNCI: Analisis Sehatlah Ragaku; BSNP, Kelas IV; Kelayakan Buku.