ANALISIS KEBIASAAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SMP YPK SELEBESOLU
DOI:
https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.1357Keywords:
Analisis, Membaca, Sekolah DasarAbstract
Kebiasaan membaca merupakan suatu kebutuhan pokok atau kunci keberhasilan siswa dalam proses belajar, dengan melakukan kebiasaa membaca secara berulang-ulang dapat memperoleh dan meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitiana ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca pada siswa kelas II SMP YPK Selebesolu Kota Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan kualitatif. Subjek penelitian ii adalah 2 orang guru dan 10 siswa dari kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, dari wawancara ditemukan bahwa kebiasaan membaca pada siswa kelas II SMP YPK Selebesolu masih rendah, sebab masih terdapat beberapa siswa yang belum lancar membaca. tetapi dari hasil Observasi menunjukan bahwa adanya upaya dan dorongan guru dalam meningkatkan minat siswa dalam kebiasaan membaca dengan melatih tes membaca 15 menit sebelum kelas pagi dimulai bagi siswa yang belum lancar membaca, tujuannya untuk merangsa minat membaca dan kefokusan siswa dalam proses belajar