pengaruh penggunaan big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar

Authors

  • Dwi Ningsih Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Adi Iwan Hermawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Selfiani Selfiani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pre eksperimental Design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik dari kelas 1 yang berjumlah 38 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes (Pre-Test dan Post-Test). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan beberapa uji yaitu: 1. Uji Validasi, 2. Uji Reabilitas, 3. Uji Normalitas, 4. Uji T-test. Untuk mengetahui hasil uji tersebut peneliti menghitung hasil peserta didik dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS V 29.0 Statistic For Windows. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Inpres 16 Kabupaten Sorong.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Ningsih, D., Hermawan, A. I., & Selfiani, S. (2025). pengaruh penggunaan big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1). https://doi.org/10.36232/frasaunimuda.v6i1.124