PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN TRANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN TRANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Creative Problem Solving (CPS)Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Kristen Trana dengan 28 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terlihat aktivitas belajar dengan model creative problem solving terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Kristen Trana dimana respon siswa terhadap aktivitas belajar dengan model CPS sangat baik. Ditunjukan skor ≥ 76 dengan presentasi 80% terlihat dari kreatifitas siswa dalam pembuatan jaring-jaring balok dan kubus serta menemukan sendiri luas dan volume dari kubus dan balok. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Kristen Trana pada materi bangun ruang dengan model CPS.