KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Farida Rosmiana Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Suhartini Sumadi
  • Dwi Pamungkas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX A berdasarkan kecerdasan majemuk dengan dominan kecerdasan logis-matematis dan dominan kecerdasan visual-spasial dalam menyelesaikan masalah matematika materi Teorema Pythagoras di MTs. Al-Ma’Arif 1 Kabupaten Sorong. Jenis penenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data dengan cara Tes Kecerdasan Majemuk, Tes Kemampuan Berpikir Kritis, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan dominan kecerdasan logis-matematis dan dominan kecerdasan visual-spasial memenuhi semua kriteria berpikir kritis Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview, meskipun ada perbedaan dalam penyelesaiannya.

Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, Kecerdasan majemuk, Teorema Pythagoras

 

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Rosmiana, F., Sumadi, S., & Pamungkas, D. (2022). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 2(2). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnaltheorema/article/view/1111

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>