LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KONTEN ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 10 KABUPATEN SORONG

Authors

  • Anastasia Natalia Tutratan
  • Suhartini Sumadi
  • Dwi Pamungkas

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita aljabar yaitu peserta didik tidak menyampaikan informasi dari soal dan apa yang di tanya namun, ketika dilakukan wawancara peserta didik lebih memilih menjawab pertanyaan dengan singkat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggunakan  pendekatan kualitatif, Sempel penelitian adalah kelas VII  yang terdiri dari 15 siswa. Peserta didik menyesuaikan soal cerita dan dapat  mengubah soal cerita kedalam bentuk angka. Biasanya, soal cerita dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari maka peserta didik tersebut akan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan hasil yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 10 Kabupaten Sorong, berdasarkan observasi awal, hasil wawancara dan tes, peneliti diketahui permasalahan yang ada, yaitu siswa kurang menguasai materi aljabar. Saat melakukan observasi, peneliti mengetahui dari hasil belajar siswa hanya 5. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik “ purposive sampling”.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Tutratan, A. N., Sumadi, S., & Pamungkas, D. (2024). LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KONTEN ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 10 KABUPATEN SORONG. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 5(2). Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnaltheorema/article/view/1142

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>