Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva, Keterampilan Digital Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Dian Arisanti Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Program Studi Magister Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.2008

Keywords:

media interaktif berbasis canva, keterampilan digital guru, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis canva, keterampilan digital guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPAS. Jenis penelitian ini korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 115 peserta didik dari 161 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri di Sarwas 7 Koordinator Wilayah Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang dengan teknik proporsional random sampling. Metode pengupulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Alat pengolah data yang digunakan adalah SPSS for windows versi 21. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpuikan bahwa ada pengaruh yang positif penggunaan media interaktif canva, keterampilan digitasl guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar pada Sarwas 7 KWK Petarukan.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Arisanti, D., Suriswo, S., & Maufur, M. (2025). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Canva, Keterampilan Digital Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(2), 206–215. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.2008

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.