Desain Didaktis Perkalian Bilangan Cacah dalam Pembelajaran Berbasis Permainan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.2801Keywords:
desain didaktis, didactical design research, hambatan belajar, perkalian bilangan cacah, game based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas dua Sekolah Dasar dalam materi perkalian bilangan cacah, mengembangkan desain didaktis yang dapat meminimalisir hambatan tersebut, serta mendeskripsikan implementasi desain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan design research dengan model Didactical Design Research (DDR). Data dikumpulkan melalui wawancara untuk mengetahui proses pembelajaran perkalian di kelas 2 SD dan mengidentifikasi kendala yang dialami peserta didik, observasi dilakukan untuk melihat proses implementasi dari desain didaktis, studi dokumentasi dilakukan melalui analisis respons peserta didik terhadap soal perkalian dan angket skala sikap untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami peserta didik, desain didaktis. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami empat tipe hambatan belajar, diantaranya (1) Ketidakmampuan menentukan konsep perkalian sesuai dengan langkah hitung yang benar; (2) Ketidakmampuan membedakan arti perkalian dengan hasil perkalian dari bilangan yang sama; (3) Ketidakmampuan melengkapi hasil kali dengan menggunakan daftar perkalian dan tabel perkalian; dan (4) Ketidakmampuan memecahkan soal non-rutin mengenai perkalian melalui high order thinking skilss. Berdasarkan temuan tersebut, dikembangkan desain didaktis berupa modul ajar dan LKPD berbasis Game Based Learning (GBL). Implementasi desain menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan peserta didik dan pemahaman terhadap konsep perkalian.