Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Authors

  • Rizki Yuliastuti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3237

Keywords:

Matematika, Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Wordwall

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan Quasi-Experimental dengan menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas IV.2 dan IV.4 di salah satu SD Negeri 226 Palembang, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan Wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan model PBL tanpa berbantuan wordwall. Instrumen pengumpulan data berupa angket motivasi belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Adapun berdasarkan uji normalitas nilai post-test pada kelas eksperimen yaitu 0,200 > 0,05, begitupun pada kelas kontrol diperoleh nilai signifikan 0,200 > 0,05 Menunjukan data yang diambil berdistribusi normal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 80,63 dan kelas Kontrol dengan nilai rata-rata 78,18.  Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Wordwall berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif digital Wordwall berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Yuliastuti, R., Hera, T., & Ningsih, Y. L. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(3), 334–343. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i3.3237

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.