Upaya Peningkatan Kompetensi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar pada UPT SDN 1 Madaraya Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i1.57Abstract
UPT SDN 1 Madaraya, yang terletak di daerah pedesaan berbatasan dengan kawasan konservasi, menghadapi tantangan dalam penerapan teknologi akibat keterbatasan infrastruktur dan minimnya pemahaman guru. Penelitian ini mengevaluasi dampak Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi teknologi bagi pendidik dan siswa melalui metode observasi dengan pendekatan Narrative Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan aplikasi seperti Canva meningkatkan kreativitas guru dan motivasi belajar siswa, meskipun terdapat kendala akses internet dan adaptasi bagi guru senior. Dukungan kepala sekolah dan pendidik muda menjadi faktor keberhasilan program ini. Kesimpulannya, Program Kampus Mengajar berkontribusi positif dalam peningkatan keterampilan teknologi di sekolah dasar daerah 3T, dengan harapan keberlanjutannya didukung oleh kebijakan pemerintah dan inisiatif pendidik.