Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong

Authors

  • Shalatsi Havisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Solehun Solehun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Teguh Yuliandri Putra Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Metode Suku Kata; Media Kartu Huruf; Kemampuan Membaca Permulaan.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh medote suku kata menggunakan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre-Exsperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah majaran Kabupaten Sorong dengan sampel kelas I yang berjumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi siswa, RPP, instrument kemampuan membaca dan media kartu huruf. Data yang diperoleh pada penelitian selanjutnya diuji normalitas sebagai uji prasyarat untuk melakukan uji hipotesis.Uji hipotesis yang digunakan yaitu N-Gain dan One Sampel t-Test. Hasil uji realibilitas soal pre test diperoleh Cronbach’s Alpha sebesar 0.617 dan uji realibilitas soal post test sebesar 0,647. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test 58,93 dan nilai post test 80,86. Dari perhitungan One Sampel t-test diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,637 >2,160  Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode suku kata menggunakan media kartu huruf memberi pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa dimana kemampuan membaca siswa menjadi meningkat.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1762

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.