Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mesis Madu Berbasis Android Mata Pelajaran IPAS untuk Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1861Keywords:
Media Pembelajaran; Interaktif; Mesis Madu; IPAS.Abstract
Penelitian ini menggunakann metode penelitian model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Penelitian ini menggunakan sumber data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subyek penelitian yaitu Siswa-Siswi Kelas V dan Guru di Sekolah Dasar Negeri 73/X Bandar Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur. Pengembangan dilakukan terhadap materi harmoni dalam ekosistem pada pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar yaitu berbentuk media pembelajaran interaktif mesis madu berbasis android. Penelitian ini juga telah divalidasi dengan validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil validasi oleh validator ahli pada penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 95% dimana, validator materi memberikan penilaian sebesar 94%, validator bahasa memberikan penilaian sebesar 100% dan validator media memberikan nilai sebesar 92%. Kemudian, hasil kepraktisan penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 98% dari peserta didik dan hasil kepraktisan oleh pendidik sebesar 98%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh peneliti sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran mata pelajaran IPAS untuk Kelas V Sekolah Dasar.