Implementasi Pendidikan Transformatif menurut Kurikulum Merdeka dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Peserta Didik di SDN Tawangharjo Wedarijaksa Pati

Authors

  • Putri Dewi Anggraeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ali Sunarso Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.683

Keywords:

Implementasi, pendidikan transformatif, kurikulum merdeka, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep, implementasi, serta hasil pendidikan transformatif dalam Kurikulum Merdeka dalam menumbuhkan berpikir kritis peserta didik di SDN Tawangharjo Wedarijaksa Pati. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa sejak dini dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru, kepala sekolah, dan wali murid. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan transformatif menurut Kurikulum Merdeka terdiri atas empat komponen utama: kesetaraan, kesejahteraan, kemajuan, dan kepribadian. Implementasinya dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penerapan pendidikan transformatif berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, yang tercermin dalam peningkatan rasionalitas, kemandirian, kepercayaan diri, kebersamaan, dan semangat gotong royong. Selain itu, keterlibatan aktif orang tua dan kolaborasi antara sekolah dan keluarga turut memperkuat proses pembelajaran. Kesimpulannya, pendidikan transformatif dalam kerangka Kurikulum Merdeka mampu menjadi strategi efektif dalam membentuk karakter dan pola pikir kritis siswa sekolah dasar, serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Anggraeni, P. D., & Sunarso, A. (2025). Implementasi Pendidikan Transformatif menurut Kurikulum Merdeka dalam Menumbuhkan Berpikir Kritis Peserta Didik di SDN Tawangharjo Wedarijaksa Pati. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i2.683

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.