Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Canda Silvia ISBI SINGKAWANG
  • Mariyam Mariyam ISBI Singkawang
  • Sumarli Sumarli ISBI Singkawang

Keywords:

kecerdasan emosional, kemampuan berpikir kritis matematika, Bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kecerdasan esmosional siswa; 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa; 3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian assosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling dan populasi yang digunakan dikelas 6A dan 6B yang berjumlah 48 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket kecerdasan emosional dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang diperoleh dari penelitian maka langkah-langkah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional yang dilakukan dengan angket, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematika yang dilakukan dengan tes, 3) mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis maematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan kecerdasan emosional tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 70,1; (2) Kemampuan berpikir kritis siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 72,34; (3) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 27 Singkawang dengan koefisien korelasi sebesar 0.631 berada pada kategori tinggi.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VI di SDN 27 Singkawang.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Silvia, C., Mariyam, M., & Sumarli, S. (2025). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 24–34. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/252

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.