Pengembangan Buku Teks tentang Peradaban Alat Produksi Konsumsi Pertanian untuk Menumbuhkan Karakter Optimis Anak Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku teks tentang alat produksi konsumsi pertanian untuk menumbuhkan karakter optimis melalui model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan tipe ADDIE. Penelitian ini melibatkan sepuluh guru SD bersertifikasi, melibatkan lima validator sebagai expert judgement, serta enam anak untuk uji coba. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa tes dan nontes. Teknik nontes dilakukan dengan memberikan kuesioner terbuka dan tertutup pada sepuluh guru dari berbagai daerah sebagai instrumen analisis kebutuhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis kuantitatif melalui IBM SPSS Statistic version 26 for Windows dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buku teks yang dikembangkan melalui tahapan ADDIE dan dikemas dengan memuat langkah-langkah PjBL; 2) Kualitas buku teks yang dikembangkan masuk dalam kriteria ”Sangat baik” (3,87 pada skala 1-4) dan rekomendasi ”tidak perlu revisi”; 3) Penerapan buku teks berpengaruh terhadap karakter optimis (p < 0,05) dengan pengaruh kategori efek besar (r = 0,5866) atau setara dengan 34%. Tingkat efektivitas berada dalam kategori menengah (N-gain score = 60,29%). Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa buku teks tentang alat produksi konsumsi yang dikembangkan mampu menumbuhkan karakter optimis pada anak.