Analisis Indikator Nilai Karakter Pancasila dalam Buku Pendidikan Pancasila Kelas IV pada Kurikulum Merdeka
Keywords:
18 nilai karakter; kurikulum merdeka; buku siswa buku pembelajaran pendidikan pancasila kelas iv kurikulum merdeka.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam perilaku atau kebiasaan sehari-hari dengan baik bagi peserta didik agar peserta didik mempunyai sikap yang baik dalam perkataan maupun tindakan agar menjadi warga negara yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah 18 nilai karakter diantaranya Nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kreativitas, nilai kemandirian, nilai demokratis, nilai rasa keingintahuan, nilai semangat kebangsaan, nilai kecintaan terhadap tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif/bersahabat, nilai cinta perdamaian, nilai senang membaca, dan nilai kepedulian terhadap terhadap lingkungan, nilai kepedulian terhadap sesama, nilai bertanggung jawab. Dan subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa Buku Pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh CV. Wahana Karya Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dokumen analisis (documentary analysis) atau Penelitian Kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik diharapkan mampu berpikir secara faktual, semakin inovatif, menjadi pribadi cerdas, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan peduli terhadap sesama sesuai dengan profil pelajar pancasila. Peserta didik juga dapat meningkatkan perkembangannya sesuai dengan pembelajarannya sehingga dalam 18 nilai karakter tersebut merupakan hal penting bagi peserta didik dalam membangun nilai karakter dalam memperoleh tantangan baru dalam kehidupan.