Analisis Karakter Gotong Royong Siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar
Keywords:
Karakter; Gotong Royong; P5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter gotong royong siswa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan 6 siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Randegan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan P5 terdapat siswa yang kurang memperhatikan dan tidak membantu ketika mengerjakan tugas kelompok. Banyak juga siswa yang bersemangat ketika pembelajaran karena melalui P5 mereka belajar hal baru yang sebelumnya belum pernah di dapatkan. Siswa yang melaksanakan P5 dengan baik akan membantu teman yang lainnya untuk tetap mengerjakan tugas kelompok bersama-sama sehingga siswa dapat mengetahui perannya dalam kelompok. Dalam P5 terdapat beberapa tahap yang harus dilaksanakan yaitu tahap pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. Pada tiap tahap dalam P5, siswa diajarkan pentingnya gotong royong antar sesama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya P5 dapat menjadi solusi untuk menguatkan karakter gotong royong siswa, karena dalam pelaksanaan P5 membutuhkan banyak kerja sama.