Penguatan Karakter Berkebhinekaan Global melalui Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar

Authors

Keywords:

Karakter; Berkebhinekaan Global; Ektrakurikuler Karawitan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila melalui karakter berkebhinekaan global pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan di sekolah dasar. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V, dan guru ekstrakurikuler di SDN Glagaharum. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler karawitan dalam melakukan penguatan karakter berkebhinekaan global pada siswa melalui tiga kegiatan, yaitu mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman berkebhinekaan. Terdapat faktor pendukung pada ekstrakurikuler karawitan yaitu lingkungan sekolah, peserta didik, dan lingkungan masyarakat sedangkan faktor penghambatnya adalah ukuran alat yang dimainkan terlalu besar untuk peserta didik di tingkat kelas rendah. Dengan adanya penguatan karakter berkebhinekaan global melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan memberikan dampak pada siswa dalam menerapkan toleransi melalui perilaku siswa yang saling menghargai atas keberagaman dan bertoleransi terhadap perbedaan suku, serta ras di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Rohmah, N. L., & Supriyadi, S. (2024). Penguatan Karakter Berkebhinekaan Global melalui Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 228–238. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1839

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.