Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dengan Pendekatan Problem Solving

Authors

  • Nurul Hijriah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Agustan Agustan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukli Rukli Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Kesalahan; Soal cerita; KPK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan pendektaran Problem Solving. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Jumlah subjek dari penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan kesalahan antara lain seperti Kesalahan Fakta; subjek tidak memahami istilah yang digunakan pada soal cerita, tidak menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan yang ada pada soal. Kesalahan konsep; subjek tidak memahami Langkah-langkah penyelesaian soal cerita, dan tidak memahami bahwa bilangan pembagi yang digunakan adalah bilangan prima serta kesalahan dalam menentukan bilangan kelipatan atau faktorisasi prima. Kesalahan Operasi; subjek tidak menggunakan rumus perhitungan perkalian dari bilangan faktorisasi prima dan tidak menuliskan hasil bilangan KPK dari dua dan tiga bilangan. Serta Kesalahan Prinsip; subjek langsung menuliskan jawaban akhir tanpa menuliskan prosedur pengerjaan, tidak menuliskan kesimpulan, dan tidak memahami hubungan fakta dan konsep tentang operasi hitung yang digunakan dalam menyelesaikan soal cerita KPK

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Hijriah, N., Agustan, A., & Rukli, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 24–30. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/1803

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.