Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Reni Yulisa Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Poster terhadap mata pelajaran IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V dibandingkan dengan hasil belajar siswa ketika tidak menggunakan media Poster . Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 01 Pemulutan Barat, dengan subjek berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True Eksprimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest yang masing-masing terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Uji prasyarat melalui uji normalitas menggunakan uji shapiro wilk. Hasil uji normalitas soal pretest kelas kontrol sebesar 0,448 > 0,05 , soal posttest kelas kontrol sebesar 0,301 > 0,05 sedangkan soal prestest kelas eksperimen sebesar 0,135 > 0,05 dan posstest kelas eksperimen sebesar 0,165 > 0,05 sehingga data dalam keadaan normal. Hasil dari penelitian ini adalah uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,245 > ttabel = 1,69913. Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Yulisa, R., Hetilaniar, H., & Marleni, M. (2025). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 35–44. Retrieved from https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/jurnalpendidikandasar/article/view/169