Pengembangan Instrumen berbasis HOTS untuk Mengukur Kemampuan Memirsa Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v7i1.229Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk untuk mengukur kemampuan memirsa siswa dalam konteks Pendidikan yang mana produk yang dihasilkan berupa soal soal uraian (essai) yang di implementasikan di mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD, penelitian menggunakan penelitian R&D dengan model 4D dengan tahapan sebagai berikut (define, design, develop, disseminate). sampel siswa kelas 4 SD sebanyak 3 orang yang pelaksanaanya dilakukan di rumah peneliti, Instrumen dalam penelitian ini meliputi: lembar kisi kisi soal, lembar validasi ahli ahli, catatan validator, hasil uji coba soal. Hasil penelitian yang diperoleh dari validator ahli memberikan pernyataan bahwa instrument soal yang telah dikembangkan sudah pada kategori Valid sehingga layak digunakan setelah melakukan revisi kecil. Validator juga memberikan catatan kepada peneliti terkait butir soal yang telah di buat, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa pengembangan soal yang telah dikerjakan siswa mendapatkan rerata 93,3 Untuk mengukur sejauh mana kemampuan memirsa yang di miliki oleh siswa sekolah dasar. berdasarkan uji coba yang dilakukan hanya pada 3 siswa. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa soal yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai soal HOTS untuk mengukur kemampuan memirsa siswa kelas 4 sekolah dasar