Inovasi Pembelajaran Berbasis SQ3R Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modren Darussalam Gontor
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i1.648Keywords:
Tarikh Islam, Teknik Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil Belajar.Abstract
Hasil belajar siswa merupakan indikator kunci dari efektivitas proses pengajaran dan pembelajaran. Menyadari penurunan prestasi akademik pada siswi kelas satu dalam mata pelajaran Tarikh Islam di PMDG Putri 1, penelitian ini mengeksplorasi dampak potensial dari teknik pengajaran baru yakni, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), yang dikenal dengan pendekatan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti apakah teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswi kelas satu selama tahun akademik 2023-2024. Penelitian ini Menggunakan Desain Eksperimen True kuantitatif, penelitian melibatkan sampel sebanyak 42 siswa dari populasi sebanyak 236. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dan analisis statistik dilakukan dengan uji Mann-Whitney bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari teknik SQ3R terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Tarikh Islam. Dengan nilai Kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi (81,43) dibandingkan dengan kelas kontrol (73,8), dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas satu siswa secara efektif.

Downloads
Published
Versions
- 2025-02-28 (2)
- 2025-02-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.