Analisis Pembelajaran Agama Islam Berbasis Diferensiasi Di MI Al Kautsar Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.36232/jurnalpai.v4i1.258Keywords:
Diferensiasi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui metode pembelajaran agama Islam berbasis diferensiasi dan hambatan yang terjadi dalam implementasi Pembelajaran agama Islam berbasis differensiasi di sekolah MI Al kautsar . Pendidikan agama Islam sangatlah penting Oleh karna itu, dalam sekolah MI Al Kautsar menanamkan kepada peserta didik nilai-nilai Islam dalam Pendidikan. Guru – guru MI Al-kautsar menyadari bahwa setiap anak mempunyai perbedaan dalam menangkap pembelajaran terutama dalam Pendidikan agama Islam. Kurikulum Merdeka saat ini mengharuskan setiap sekolah menggunakan metode diferensiasi karna metode tersebut merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kapasitas peserta didik di dalam kelas. Metode diferensiasi tidak memaksa peserta didik untuk memahami Pelajaran dalam satu metode, tetapi dalam pembelajaran diferensiasi ini mengajak guru untuk lebih memperhatikan kemampuan anak serta memberikan pembelajaran dan Latihan sesuai dengan kapasitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel 7 orang, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan 4 siswa MI Alkautsar. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan pendapat tentang pembelajaran Agama Islam berbasis diferensiasi, implementasi dan hambatan dari pembelajaran Pendidikan agama Islam berbasis diferensiasi.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.